Selasa, 27 Maret 2012

Kisah Nabi Ishaq AS.


N
abi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim bersama Sarah. Nama Ishaq memiliki arti tertawa. Dinamakan demikian karena ibunya tertawa sewaktu mendengar kabar dari malaikat bahwa ia akan mengandung, padahal umur sarah waktu itu sudh 99 tahun dan Ibrahim sudah 120 tahun. Ada juga yang menyebutkan sarah waktu itu berumur 90 tahun dan Ibrahim 100 tahun. Sarah merasa sudah terlalu tua untuk melahirkan, itulah sebabnya ia tertawa ketika mendengar kabar akan mengandung dan melahirkan anak.
Tentang kenabian Ishaq ini tersebut di dalam Al-Quran : "dan kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq, seorang Nabi yang termasuk orang -orang shaleh. Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq. dan diantara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada pula yang dzalim terhadap dirinya senidri dangan nyata." (Ahs-Shoffat : 112-113)
Nabi Ishaq mengajak kaumnya untuk beribadah dan hanya menyembah Allah saja tanpa menyekutukan-Nya. Ia juga menerima wahyu dan meneruskan ajaran ayahnya yaitu Ibrahim. Dalam memimpin umat, Nabi Ishaq dikenal sebagai nabi yang bersift ramah tamah sehingga umatnya merasa senang, rukun dan diberi kemakmuran yang berlimpah ruah oleh Allah.
Nabi Ishaq mmenikah dengan wanita Haran (irak) dan dikaruniani dua orang putera. Yang pertaman bernama 'Ish dan yang kedua bernama Ya'qub.

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran yang membangun dipersilahkan, jangan lupa menjaga kesopanan dengan bahasa yang baik :)