Minggu, 16 Juni 2013

Mengukir Buah Strowberri Di Atas Gypsum

Iseng ah, mau ngeposting tentang tugas sekolah kemarin :)
ceritanya, untuk nilai UKK seni budaya di SMAN6 cirebon, anak - anak kelas X dikasih tugas untuk membuat ukiran di atas batu gipsen atau gypsum? pokoknya semacam batu kapur berwarna putih yang biasanya untuk bahan bangunan. kayak gini nih :
langsung aja ke step by step :
*alat dan bahannya:
- batu gypsum
- obeng min
- benda tajam (awas jangan salah mengaplikasikan), pake ujung pulpen juga boleh
- cat. boleh cat minyak atau cat air biasa mungkin
- koran bekas jangan ketinggalan

pertama, cari gambar yang mau kita ukir di atas gypsum terebut. setelah mencari - cari dan memikirkan gambar apa yang akan diukir, akhirnya diputuskanlah untuk mengukir 'si buah Strowberry' ! simple.
jiplak gambar tersebut di atas batu gypsum menggunakan pensil atau pulpen atau spidol, terserah deh! pokoknya ada garis yang jelas membentuk buah Strowberry.
masuk ke tahap selanjutnya, yaitu mulai mengukir. caranya? pake obeng dan 'benda tajam' yang sudah disediakan. nanti hasilnya kayak gini nih :
diukir yang daleeeeeem !
biar hasilnya halus, bisa diampelas pelan - pelan atau pake obeng min juga bisa, ngukirnya HARUS PAKE HATI loh, jangan sembarang ngeruk :D

yang paling terakhir, proses mewarnai! let's make your colour :)
Gimana??? jangan terlalu jujur dengan hasil karyaku ini :'(
hehehe
Menurutmu:

5 komentar:

Makasih ilmu banget, eh strawberry nya bagus....

Kalau kitanya teliti, sepertinya bisa. Pilih motif batik yang simple & sederhana aja kata aku mah :)

gimana kalau gipsumnya dicetak aqua gelas mau dikasih motif apa ya yang menarik dan simple

Posting Komentar

Kritik dan saran yang membangun dipersilahkan, jangan lupa menjaga kesopanan dengan bahasa yang baik :)