Kamis, 26 Januari 2012

Sarung Flashdisk ✏ Kain Flanel

Disini kita akan belajar dan sedikit memahami tentang cara membuat kerajinan tangan menggunakan kain flanel. mengapa kain flanel? karena kain flanel sangat mudah didapat, harga terjangkau, banyaknya pilihan warna, dan banyak pula peminatnya. untuk bisa membuat sesuatu berbahan kain flanel tentu kita harus bisa menjahit terlebih dahulu, diutamakan menjahit menggunakan tangan/handmade.

ada banyaaaaak sekali berbagai kreatifitas yg bisa kita buat dari kain flanel ini. contohnya :
- Gantungan Kunci & Hp
- Sarung Hp, Pensil & Flashdisk
- Kue Ulang Tahun (boneka)
- Bros, dll.
- Ikat Rambut
- Jepit Rambut
- Bando
berhubung saya masih pemula di dunia Blog ini, jadi saya hanya bisa berbagi sedikit demi sedikit sajah ya :) oke ini dia salah satunya !


Membuat Sarung Flashdisk
bahan yang diperlukan :
1. 2 kain flanel dengan warna berbeda
2. Lem Lilin atau bisa diganti dengan perekat lainnya (tp diutamakan lem lilin)
3. Gunting
4. Pensil & Penggaris
5. Benang dan Jarum (benang disesuaikan dengan warna kain flanel)
6. Kain Perekat atau biasa kita sebut slerekan hehe

Cara - cara :
1. Bikin pola. ukuran sarungnya disesuaikan dengan ukuran flashdisk, tapi sebenarnya tidak diukurpun gapapa ko asalkan kita bisa mengira- ngira ajah. saya memiliki contoh gambar polanya, ini dia :

semuanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran berebeda. untuk bagian depan dan belakang saya gunakan warna coklat, untuk bagian samping dan bawah saya gunakan warna biru. warnanya memang agak contras tapi saya sengaja membuat yang berbeda.
* bagian depan yg berwarna coklat kita bikin 2 potong pola persegi panjang, tapi salah satunya di perpanjang 2x ukuran pertama dengan salah satu ujung ditumpulkan.
*bagian samping yg berwarna biru dibuat sama panjang dengan ukuran kain berwarna coklat, hanya saja lebarnya yang diperkecil. dibuat 3 potong. 2 potong untuk sisi kiri & kanan, 1 potong lagi untuk bagian bawah.

2. karena polanya sudah jelas, maka kamu sudah  bisa membayangkan bentuknya akan seperti apa kan? nah, kalau gitu skrg siapin dulu benang, gunting, jarum untuk mulai menjahit rangkaian pola secara handmade.
dan ini gambaran ketika saya sedang dalam proses pembuatan :
(dijahit dengan menggunakan tekhnik menjahit tulang/feston hehe)


 3. sesudah dijahit semua maka akan berbentuk ruang persegi panjang tinggal kita hias dengan gambar2 unik sesuai selera. kira-kira seperti ini bentuknya :

 

 gampang kan cara bikinnya??? dan yang penting memiliki harga jual hehehe :) saya juga punya contoh gambar yang sudah jadi tapi warnanya beda dengan apa yg saya praktekan tadi, take a look :









Semoga ini semua dapat menambah wawasan kita semua :) jangan sungkan untuk berkomentar dan memberikan sarannya karena saya juga masih banyak membutuhkan pendapat dan motivasi kalian :) selamat mencoba !!!



0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran yang membangun dipersilahkan, jangan lupa menjaga kesopanan dengan bahasa yang baik :)