Kamis, 13 Desember 2012

Topeng Rumyang & Cara Pembuatannya

Topeng Rumyang adalah kesenian khas dari daerah Cirebon (kotaku tercinta). Warna kedoknya merah jambu, namun ada juga yang berwarna coklat muda, untuk karakter kedoknya yaitu genit, lincah, atau ganjen. Raut wajahnya membersitkan keceriaan, dan hal ini dapat dilihat dari bentuk mulutnya yang senantiasa menyiratkan seseorang dengan senyuman manisnya.
Cirebon emang gak ada habisnya soal budaya! bangganya jadi orang Cirebon ASLI hehehehe :D
langsung aja nih, saya mau nyobain bikin replika Topeng Rumyang, walaupun pasti hasilnya gak akan sama kayak yang diatas (cukup sadar diri ko) tapi yaaaa inilah hasil karyaku. cekidot lah...

Alat dan Bahan :
- Topeng polos tanah liat
- Kuas lukis Uk. Besar (9-10) untuk pewarnaan cat dasar
- Kuas lukis Uk. Kecil (2-4) untuk warna yang lebih detail
- Cat minyak (putih, hitam, merah, pink, biru,emas)
- Drawing pen Uk. 06 Snowman
- Cat Tembok putih
- Ampelas
- Manik-manik warna Merah dan Emas

Step by Step :
1). Topeng yang masih polos dengan permukaan yang tidak rata di ampelas hingga permukaan halus
2). Lalu, cat dengan cat tembok putih polos sebagai warna dasar. jangan langsung diwarnai dengan cat minyak ya :) 

3). tunggu sampai kurang lebih 15-30 menit langsung kering karena menggunakan cat tembok, tapi waktu pengeringan untuk cat minyak sedikit lebih lama loh, malah sangat lama (maklum, saat ini musim hujan dan jarang ada sinar matahari wkwkwk)
4). kalau udah kering beginih, bisa langsung di cat warna ping muda untuk bagian wajahnya saja ya, seperti ini nih :
5). lalu dilajutkan, kita cat juga bagian kepala atas yang dijadikan hiasan. biar warnanya lebih bling - bling kita pakai warna emas dan hitam. kalau bisa diukir juga untuk lebih mempercantik topengnya
6). karena ukiran yang dicetak tidak rata dan tidak harmonis, maka kita harus kerjain sendiri dan mengukir sendiri menggunakan cat emas. oh iya gunakan kuas yang kecil ya agar lebih detail warnanya.
7). sekarang waktunya menggunakan drawing pen untuk mengukir mulut, alis, dan ukiran agar lebih detail. bikin mulutnya dengan warna merah terlebih dahulu.
 
kita perjelas lagi menggunakan drawing pen.
8). selanjutnya tinggal kita hias wajah topeng Rumyang ini sesuai mungkin dengan karakter aslinya. sudah saya coba sebisa mungkin, dan inilah hasilnya :


 
untuk bagian atasnya saya dekorasi sendiri hehehe :D

9). dan tahap terakhir, kita bikin anting dari manik - manik berwarna merah dan emas, kita juga butuh benang jahit berwarna merah.
kita ronce manik - manik tersebut. inilah hasil akhir dari Tugas UAS untuk mapel. Seni Budaya saya : jengjengjeng...
Menurutmu:

4 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran yang membangun dipersilahkan, jangan lupa menjaga kesopanan dengan bahasa yang baik :)